Jalan-Jalan ke Jepang, enaknya kemana aja ya?

“Kalau mau jalan-jalan ke Jepang, enaknya kemana aja ya?”

Buat gue, pertanyaan ini adalah pertanyaan yang sangat sulit untuk dijawab. Apalagi kalau pertanyaannya ditambahin dengan, “Selain Disneyland, Shinjuku, Harajaku, Shibuya, Kyoto, dan Osaka, enaknya kemana lagi ya?”. Nah loh, gue makin bingung. Tempat-tempat yang disebutkan diatas adalah tempat-tempat mainstream yang pasti dikunjungi para turis ketika main ke Jepang. Gue pun ga bisa asal kasih rekomendasi tempat yang asik karena tiap orang pasti punya tujuan dan selera yang berbeda-beda ketika mengunjungi suatu tempat.

Ada baiknya, sebelum minta rekomendasi tempat yang seru buat dikunjungi di Jepang, lo tentukan dulu minat dan tujuan lo mau ngapain. Misalnya nih ya, tujuan jalan-jalannya mau makan-makan doang. Kalau buat makan-makan sih, di Tokyo ada banyak banget tempat makan enak. Ramen enak? Banyak. Sushi enak? Banyak juga! Tergantung budget lo berapa dan bersedia untuk jalan jauh atau engga. Mau nyobain es krim matcha yang enak tapi ga sempat ke Kyoto? Di Ginza juga ada kok toko yang jual segala minuman dan es krim matcha asli dari Kyoto. Memang sih, untuk turis yang ga bisa makan-makanan mengandung babi, pilihannya jadi lebih terbatas. Tapi bukan berarti ga bisa nyobain makanan enak di Tokyo kok!

Bagi orang-orang yang suka dengan arsitektur atau pengen ngerasain situasi Jepang yang tenang dan ga rame semacam Tokyo, pergilah ke area-area Kanto luar Tokyo semacam Yamanashi, Saitama, Chiba, Gunma, Shizuoka, atau Kanagawa yang jaraknya ga terlalu jauh dari Tokyo. Tapi kalau lo punya JR Pass, silahkan mengunjungi Hiroshima, Kyushu, dan bahkan Nagasaki. Maksimalkanlah penggunaan tiket tersebut karena hanya turis yang bisa menikmatinya. Orang-orang seperti gue yang memiliki visa jangka panjang, ga diijinkan untuk pake JR Pass.

Tapi, kalau tujuan lo cuma buat belanja-belanja doang dan di dalam itinerary-nya udah ada Tokyo, Kyoto, dan Osaka, itu sudah lebih dari cukup. Karena pada dasarnya tempat belanja di Jepang sama semua. Selama ini banyak banget turis Indonesia yang heboh pergi ke Gotemba karena katanya disana bisa belanja barang-barang ber-merk. Iya sih disana banyak premium outlet, tapi kalau emang ga sempat mampir kesana, yasudah pergi aja ke outlet mall yang ada di sekitaran Tokyo. Berhubung gue jarang belanja dan lebih memilih untuk menikmati makanan enak beserta pemandangan unik yang ga bisa dilihat di negara sendiri, gue ga akan berkomentar lebih jauh soal kelompok turis yang tujuannya berbelanja.

Satu lagi, mungkin ini tujuan jalan-jalan ke Jepang yang paling sering gue temui, para fans yang ke Jepang untuk cari barang-barang berbau anime, game, komik, idol, dan berhala-berhala lainnya. Untuk kategori ini, Akihabara merupakan surga bagi mereka. Tapi, sebenarnya untuk cari barang-barang seperti itu, ga hanya di Akihabara kok. Masih banyak di tempat-tempat lain di Tokyo yang juga seru untuk dikunjungin untuk cari barang-barang anime atau idol. Bisa sambil jalan-jalan keliling Tokyo pula. Misalnya? Ikebukuro dan Nakano.

Ada banyak tempat-tempat seru buat dikunjungi di Jepang asalkan udah jelas maksud dan tujuan jalan-jalannya apa. Orang yang dimintain rekomendasi tempat seru di Jepang juga pasti akan lebih mudah untuk memilah-milah apa aja yang harus direkomendasikan ketika kita udah menentukan mau ngapain dan sukanya apa. Akan lebih mudah pula untuk nyari rekomendasi dari youtube atau website-website promosi tempat-tempat di Jepang ketika kita udah tau mau ngapain aja. Jadi, ga akan kebingungan lagi deh!

Kalau mau tanya-tanya, box komentar terbuka lebar bagi siapapun yang udah menentukan mau ngapain aja di Jepang!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s